top of page
Search

Tips Menghadapi Rasa Insecure Pada Diri Sendiri

Updated: Oct 15, 2021


"Insecure terjadi pada semua orang, jadi tidak usah malu!"

Rasa insecure tidak harus kamu hadapi sendiri. Apa kabar, teman Obrolin Aja. Semoga kalian tetap sehat dan semangat! Kalau kalian merasa insecure, bisa kita bahas bersama di artikel ini~


Tidak perlu malu kalau merasa insecure! Semua orang mengalaminya, hanya saja kadarnya berbeda. Kami dari Obrolin Aja akan membantu kamu memahami dan mengatasinya di bawah…

 

Insecure Itu Apa, Sih?


Insecure adalah perasaan tidak nyaman dan aman terhadap diri sendiri. Mereka merasa tidak percaya diri dan sehari-harinya gelisah, takut, cemas, dll pada banyak hal.


Sebenarnya insecure bukanlah penyakit berat, melainkan gangguan sementara. Seperti saat kita merasa gugup sebelum melakukan hal sulit atau berbahaya, seperti ujian atau tes laboratorium. Begitu hal itu lewat, rasa insecure pun hilang.


Tapi yang kita bahas di sini adalah rasa insecure yang panjang dan berkelanjutan: insecure berlebihan.


Bila insecure biasa hanya muncul di saat tertentu dan cepat hilang, insecure berlebihan terjadi sangat sering, seolah permanen, bahkan saat tidak ada penyebabnya.


Kalau ini terjadi, kamu akan terus-terusan merasa cemas sepanjang hari. Walau sendirian tanpa ada faktor eksternal pun, pikiranmu terus dipenuhi hal negatif yang tidak masuk akal.


Hal ini berbahaya, karena akan membuatmu jadi pribadi yang selalu gugup dan tidak pernah percaya diri. Belum lagi resiko penyakit jantung dan gangguan syaraf. Gawat!

 

Tips Mengatasi Rasa Insecure


Agar kamu bisa lebih percaya diri dan tidak merasa insecure berlebihan, ikuti tips dari psikolog Obrolin Aja berikut ini ya…


1. Pahami Rasa Insecure-mu

Wah, kayaknya kok pernah baca ya? Tenang, ini bukan copy-paste kok. Memang tahap awal solusi untuk masalah mental adalah mengakui masalahnya!


Karena otak membuat hal yang kita pikirkan dan rasakan jadi nyata, penting untuk menyadari kalau kamu merasa insecure.


Pikirkan: apa benar kamu merasa insecure? Terlalu cemas, gugup berlebihan? Kenapa? Apa masuk akal atau tidak? Mungkin penyebabnya lain?


Begitu memikirkannya dengan tenang, kamu akan sedikit lebih lega dan setidaknya tahu harus berbuat apa selanjutnya.


Kalau perasaanmu benar insecure, apa penyebabnya hal tertentu? Kalau iya, cukup jauhi. Kalau tidak bisa atau ada masalah lain, lanjutkan membaca~


2. Tantang Pikiran Negatifmu

Mungkin penyebab kamu merasa insecure tidak masuk akal atau sulit untuk ditangani, sehingga kamu merasa tidak berdaya dan hanya bisa pasrah.


Di saat seperti itu, tantanglah pikiranmu sendiri! Coba tanya otakmu, apa benar kamu harus merasa takut dan cemas soal hal itu?


Contoh: kamu adalah karyawan biasa, yang selalu gugup akibat tekanan bosmu dan senior yang suka memaksamu membantu. Setiap hari kamu takut berbuat salah dan dimarahi mereka…


Tapi pikir: kenapa harus takut? Selama kamu sopan, rajin, dan tidak berbuat salah, bos tidak punya alasan memarahimu. Kenapa pula kamu mengambil alih kerjaan senior? Itu bukan tugasmu!


Kalau boss marah, coba tanya alasannya dengan tenang. Jelaskan kalau mungkin itu bukan salahmu. Bilang pula ke senior kalau kamu sudah sibuk dengan kerjaan sendiri.


Kalau mereka bersikukuh, berarti mereka yang salah! …Yap, bukan salahmu. Jadi tidak perlu cemas lagi! Kalau takut dipecat atau ditindas, carilah pekerjaan baru.


Ingat, sekarang ada Undang-Undang Ketenagakerjaan yang bisa membela hakmu sebagai karyawan dan manusia. Jangan mau diperlakukan tidak adil!


3. Dirimu Itu Berharga

Kalau sudah terlanjur merasa rendah diri, pastinya sulit untuk merasa dirimu berharga. Rasanya kamu tidak berhak mendapat kebahagiaan dan hanya ada untuk diinjak orang lain.


STOP! Itu sama sekali tidak benar! Sekecil apapun, pasti ada yang bisa kamu lakukan untuk dihargai orang banyak. Jangan dengarkan kata-kata orang toxic yang membuatmu tidak percaya diri.


Pertama, jangan bandingkan dirimu dengan orang lain. Cukup orang tua tidak baik saja yang melakukan itu! Kamu punya kelebihan sendiri, jadi tidak usah pedulikan gaji dan jabatan orang lain.


Kedua, tidak perlu jadi karyawan terbaik atau menang penghargaan. Lakukan apa yang kamu bisa, tanpa melanggar hukum atau mengganggu orang lain.


Itu saja sudah cukup membuatmu hidup percaya diri, dan tidak ada yang berhak menyangkal itu.

 

Demikian pengertian serta tips & trik mengatasi insecure! Kalau merasa tidak pede, carilah orang yang bisa mendukung kamu tanpa menghakimi. Pasti semua akan lebih ringan~


Ingin lebih banyak curhat dan mengangkat rasa percaya dirimu? Gabung bersama kami di Obrolin Aja, yuk~


Sumber: liputan6.com

45 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page