top of page
Search

Tips Mengatasi Rasa Kesepian


Kucing adalah obat kesepian paling manjur.

Semua orang pernah merasa kesepian. Halo, kawan Obrolin Aja. Masa pandemi sekarang ini apa kamu merasa kesepian? Memang saat di rumah terus jadinya selalu ketemu orang tua, pasangan, anak-anak, yang ada malah berisik terus.


Tapi ada pula mereka yang harus merantau kuliah atau kerja di tengah pandemi, jauh dari keluarga, dan setiap hari kecapekan tanpa teman ngobrol.


Atau mereka yang harus belajar atau work from home dan tidak lagi ketemu teman-teman di kantor atau kampus. Akibatnya jadi stress karena kesepian! Lantas, gimana?


Tenang, Obrolin Aja punya solusinya. Baca tips & trik mengatasi rasa kesepian ini ya~

 

Tips Mengatasi Rasa Kesepian


1. Akui Dulu Kalau Kamu Kesepian

Salah satu masalah terbesar dari penyakit kesepian adalah… kamu tidak sadar kalau kamu kesepian!


Mungkin kedengarannya lucu, tapi ini hal yang sering terjadi pada banyak orang. Dan cara atasi stress yang paling manjur dimulai dengan menyadarinya.


Seperti kasus dokter psikolog, kamu harus menyadari kalau kamu kesepian sebelum bisa mengobatinya. Apa kamu benar-benar kesepian? Atau ada penyebab lain, seperti sakit atau salah makan?


Kalau benar kamu merasa kesepian dan bukannya hal lain, kamu sudah maju selangkah! Tidak perlu malu, justru mereka yang mengejek “Cengeng!” atau semacamnya tidak pantas dijadikan teman.


2. Kurangi Media Sosial

Setelah sadar kalau kamu kesepian, pengobatan bisa dimulai! Tapi tentu tidak bisa instan, jadi lakukanlah langkah pencegahan pertama: jauhi media sosial!


Media sosial itu ibarat pedang bermata dua. Bagi orang kebanyakan, bisa berbagi cerita dan gambar dengan teman dan kerabat tanpa menelepon itu bagus.


Tapi bagi yang tidak punya banyak koneksi, melihat cerita ramai postingan orang di Facebook, Instagram, Twitter, dsb seolah menekankan betapa sepinya hidup mereka.


Ini ibarat racun bagi orang kesepian, jadi cara atasi stress yang tepat adalah tidak membukanya. Obat yang kamu butuhkan adalah curhat interaksi nyata, bukan digital.


3. Lakukan Hobi

Memang tidak mudah mencari teman curhat saat kesepian, meski kamu sering pergi ke bar atau restoran yang ramai.


Sebaiknya manfaatkan waktu dengan mengerjakan hobi! Anggaplah momen kesepianmu ini sebagai kesempatan untuk menemukan hal baru, dan bukannya hambatan.


Hobi apapun boleh, seperti nonton TV, main game, membaca buku, atau olahraga ringan seperti jogging, senam, dan jalan-jalan naik motor atau mobil. Agar hatimu senang dan tidak terlalu stress!


Siapa tahu salah satu hobi itu bisa menjadi jalan untukmu bertemu teman baru!


4. Pelihara Binatang

Nah, sebenarnya ini cara atasi stress yang paling ampuh, tapi psikolog Obrolin Aja simpan paling akhir…


Sudah terbukti secara ilmiah bahwa merawat binatang peliharaan adalah cara ampuh mengatasi rasa sepi. Baik itu anjing, kucing, dll, keberadaan mereka akan membuatmu nyaman.


Merawat binatang perlu pemahaman dan usaha khusus, yang pada waktunya akan menimbulkan rasa sayang dan kebersamaan yang erat.


Banyak orang yang bisa hidup sendiri puluhan tahun tanpa pasangan dan tidak kesepian, karena ditemani hewan peliharaan. Bila dirawat baik, mereka akan jadi sahabatmu seumur hidup!


Hanya saja, kamu tidak boleh sembarangan! Hewan peliharaan itu seperti anak, yang harus dijaga seumur hidup dengan tanggung jawab.


Kamu tidak bisa asal ambil kucing liar dan memeliharanya, no! Kamu harus adopsi hewan secara resmi di tempat penampungan, jaga kesehatan mereka di dokter hewan, awasi alergi dan kebutuhan mereka…


Semua itu tidak gampang dilakukan, jadi pastikan kamu siap secara fisik, mental, dan materi! Mereka obat kesepian paling manjur, jadi jangan asal pungut dan buang saja ya~

 

Demikian tips & trik mengatasi rasa sepi! Kesepian itu wajar kok, karena dunia ini banyak sekali ragam orangnya. Tapi jangan menyerah, pasti ada yang nyambung sama kamu~

Mau curhat dan dapa teman baru? Mari ngobrol bareng kita-kita di Obrolin Aja~

36 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page