top of page
Search

Hal yang Dicari HRD dari Fresh Graduate


Jadi Fresh Graduate harus tabah saat cari kerja.

HRD cari Fresh Graduate yang seperti apa? Salam hangat, kawan Obrolin Aja! Buat kamu yang mau atau baru lulus kuliah, pasti rasanya tegang bercampur gak sabar untuk cari kerja!


Sayangnya, zaman sekarang di mana lowongan kerja bertebaran di internet pun, sulit untuk mendapat pekerjaan! Tentu ini sulit bagi kamu yang lulusan baru kampus, terutama di era pandemi sekarang.


Tenang, jangan takut dulu. Para kru Obrolin Aja punya tips & trik soal hal yang dicari HRD dari Fresh Graduate, supaya kamu lebih mudah dapat kerja! Yuk baca…

 

Hal yang Dicari HRD dari Fresh Graduate


1. IPK itu ‘Agak’ Penting, Bukan ‘PALING’ Penting

Tolak ukur pertama yang terlihat dari lulusan mahasiswa baru, tentu saja IPK-nya!


Namun banyak anak zaman sekarang (dulu juga) yang merasa aman dan pede dengan IPK tinggi. Padahal IPK bukan segalanya. …Bingung?


Para HRD dan perusahaan tentu pertama kali melihat IPK dari seorang Fresh Graduate. Kalau nilai IPK tidak memenuhi standar perusahaan, otomatis tidak lulus.


Karena itulah nilai IPK tinggi penting agar perusahaan mau melirikmu. Kalau IPK rendah, kamu gugur tanpa bisa bersaing soal hal lainnya!


Tapi peran IPK sampai situ saja! IPK tinggi memastikan kamu tidak gugur, tapi bukan berarti otomatis lolos! IPK tinggi hanya membuka pintu depan perusahaan; sisanya tergantung kamu.


Jadi walau IPK tinggi penting, jangan terlalu terobsesi dengan nilainya ya. Selama cukup, lebih baik kamu kembangkan banyak kemampuan agar bisa diterima.


2. Kemampuan Teknologi

Zaman sekarang perusahaan wajib memakai teknologi dan internet untuk maju, jadi kamu juga begitu.


Banyak petinggi perusahaan berumur di luar sana yang kurang paham teknologi dan akan lebih mudah menerimamu kalau kamu bisa membantu mereka di bidang itu.


Cara memakai program komputer, memakai aplikasi bisnis di hape, mencetak dokumen atau fotokopi, dll. Bagi fresh graduate yang lulus di zaman modern ini, pasti bukan hal sulit!


3. Pengalaman

Eits, jangan lempari kru Obrolin Aja guys. Pengalaman di sini tentunya bukan pengalaman kerja, kan baru lulus (namanya saja fresh graduate!).


Pengalaman di sini adalah prestasimu dari sekolah sampai kuliah, seperti bergabung dengan eskul, ikut lomba akademis maupun atletik, kegiatan organisasi, masa magang, dll.


Tentu tidak menghasilkan uang, tapi menunjukkan kemampuanmu dalam banya bidang, terutama untuk kegiatan kelompok yang berhubungan dengan banyak orang.


HRD dan perusahaan menilai tinggi hal tersebut, jadi jelaskan dengan baik!


P.S. Kamu bisa saja bekerja selama sekolah atau kuliah, tapi tidak semua HRD dan perusahaan menghargai ini, apalagi bila dilarang oleh sekolah/kampusmu.


Jadi pastikan mereka akan menghargai pengalaman kerja semasa sekolahmu (terutama wirausaha), atau jangan menyebutnya saat wawancara kerja. Hati-hati ya, gengs!


4. Sikap dan Komunikasi

Anak Fresh Graduate tentunya masih hijau dalam dunia kerja, yang walau punya kemampuan, pasti belum terasah betul. Lantas, bagaimana HRD menilai mereka di luar 3 hal di atas?


Dari sikap dan kemampuan komunikasi mereka! Pertama, tentu saja sebagai anak baru lulus kamu herus bersikap sopan dan profesional dalam proses lamaran kerja.


Kedua, sikap juga ditentukan dari pakaian! Gunakan dress code sesuai yang diminta perusahaan, baik formal maupun santai, dan usahakan tetap sopan.


Ketiga, komunikasi saat interview kerja! Pastikan kamu berbiara dengan sopan tanpa sombong ke HRD dan tim penguji. Perkenalkan diri dan jawab pertanyaan dengan percaya diri supaya mereka terkesan!

 

Demikian tips & trik untuk hal yang dicari HRD dari fresh graduate, kawan! Lowongan kerja yang bagus dan cocok memang sulit ditemukan, tapi jangan menyerah ya~


Ingin curhat soal lamaran kerjamu? Ayo ngobrol bareng konselor Obrolin Aja demi karirmu~


Sumber: okezone.com

10 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page