top of page
Search

Benarkah Orang Ganteng dan Cantik Hidupnya Lebih Mudah?


"Jadi orang GANTENG dan CANTIK itu banyakan enaknya."

Orang ganteng atau cantik hidupnya lebih mudah! Kita ketemu lagi, sobat Obrolin Aja. Pasti kalian pernah merasa iri sama orang ganteng atau cantik? Kayaknya hidup mereka mudah banget~


Tapi apa benar? Psikolog Obrolin Aja akan mengungkap faktanya dalam artikel ini~

 

Apa Ganteng dan Cantik Hidupnya Lebih Mudah?


BENAR, orang ganteng dan cantik itu memang hidupnya lebih mudah!

Eits, ini bukan iri ya, tapi FAKTA yang terbukti secara ilmiah lewat banyak penelitian. Nggak percaya? Lihat keuntungan wajah ganteng dan keuntungan wajah cantik berikut…

 

Keuntungan Wajah Ganteng / Keuntungan Wajah Cantik


1. Ganteng dan Cantik dianggap Kompeten

Walau ada istilah ‘jangan nilai buku dari sampulnya’ yang berarti jangan menilai orang dari penampilan, kenyataannya nggak seperti itu.


Semua orang menilai orang dari fisiknya, baik sengaja maupun tidak. Dalam sekejap, ‘penilaian’ dibuat tentang orang tersebut dari penampilan wajah dan fisiknya saja.


Orang bijak tidak menganggap ‘penilaian awal’ penampilan ini final, dan terus mencari tahu sebelum memutuskan. Tapi kebanyakan berhenti di situ dan menghakimi!


Orang ganteng dan cantik, dalam dunia kerja, dianggap sebagai orang kompeten. …Apa hubungannya, coba?


Karena merasa nyaman melihat wajah ganteng dan cantik, orang-orang seperti HRD perusahaan langsung mengambil kesimpulan positif yang mereka sukai untuk orang tersebut.


Seperti rajin bekerja, ulet, percaya diri, banyak keahlian, dll. Padahal belum tentu, dan itu semua pendapat subyektif dari orang asing yang melihat.


Iya, ini sangat nggak adil! Jadi jangan munafik bilang wajah ganteng dan cantik nggak ngaruh, ya.


2. Penampilan Menarik Cenderung Mudah Bergaul

Penampilan menarik dianggap cermin kepercayaan diri, karena kalau bukan orang yang positif dan pede, pasti nggak kepikiran berpakaian demikian, bukan?


Hal ini ada benarnya, karena menurut penelitian orang berpenampilan menarik sadar akan pandangan masyarakat dan berusaha menyesuaikan diri.


Entah agar terlihat sopan atau menghindari kecaman orang, mereka berusaha memperbaiki penampilan dari segala sisi. Patut dipuji, apalagi kalau mereka juga cantik dan ganteng!


…Tapi ini jebakan! Tidak semuanya berusaha begitu; bisa saja penampilan itu karena dibantu teman dan keluarga, supaya bisa lolos interview kerja.


Sayangnya, selama wajah orang itu ganteng atau cantik, kemungkinan ‘dibantu’ diabaikan. Malah penampilan biasa dianggap bagus karena wajahnya! …Curang, deh.


3. Makeup Simbol Kepercayaan

Dalam dunia kerja, tidak boleh berlebihan pakai makeup, terutama wanita. Masuk akal, karena kantor itu untuk bekerja, bukan tebar pesona. Asal bersih dan menutupi cacat/bekas luka, cukup.


Tapi, kenyataannya lain kalau wajahmu ganteng atau cantik. Makeup agar makin cantik atau ganteng malah dipuji! Nah, lho?


Menurut penelitian, wajah cantik, ganteng, berkilau tanpa noda, dsb adalah tanda bisa dipercaya, ahli, terbuka, dsb. Dan ini paling terlihat saat HRD melihat foto kandidat!


Padahal belum tentu begitu, tapi mereka yang wajahnya standar atau tanpa banyak makeup sudah tidak diuntungkan sedemikian rupa!


Padahal yang harus dilihat itu nilai orangnya, bukan hasil jepretan fotonya…


4. Ganteng dan Cantik Mudah Dipercaya / Jarang Dicurigai

Jujur, deh. Kalau orang ganteng dan cantik pacaran, pasti kalian langsung bilang ‘serasi’. Kalau orang ganteng atau cantik keluyuran, kalian bilang ‘cuci mata’.


Tapi kalau salah satu jelek? Otomatis kalian curiga, seperti: “Kok mau sama dia, ya?” “Dipelet kali!” Kalau orang kurang cantik keluyuran? Langsung curiga: “Ngapain dia?” “Maling, kali!”


Nggak adil banget, ya? Wajah yang nyaman dilihat itu membuat kita kurang waspada, dan didiamkan. Wajah di bawah rata-rata membuat mata pegal, jadi kita langsung mencari-cari kesalahan. Duuh!


Makanya ada istilah ‘honey trap’ atau jebakan manis. Jangan begini, ya!

 

Demikian penjelasan bahwa orang ganteng cantik hidupnya lebih mudah itu benar! Mereka masih punya kekurangan, tapi hanya sedikit dan lebih banyak keuntungannya (dibahas lain kali ya).


Mau curhat soal ketidakadilan penampilan fisik? Para psikolog Obrolin Aja siap menemani~


25 views0 comments

Recent Posts

See All

コメント


bottom of page