top of page
Search

5 Cara Hidup Bahagia yang Sederhana


Mengelus kucing adalah kebahagiaan hakiki.

Bahagia itu sederhana. Halo, sobat Obrolin Aja. Di zaman pandemi sekarang ini yang serba susah, rasanya mudah sekali untuk merasa sedih atau stres. Ada masalah sedikit, jadi malas ngapa-ngapain dan inginnya rebahan.


Tapi tenang, sobat Obrolin Aja. Ini wajar kok, kita semua juga merasakan hal yang sama. Perlu dorongan semangat agar hidup kamu sehari-hari jadi lebih bahagia dan nggak miris terus.


Nggak perlu mahal, cukup ikuti tips & trik sederhana berikut, oke? Sekalian curhat, hehehe~

 

5 Tips Sederhana untuk Hidup Bahagia


1. Hidup Sehat

Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat! Di masa pandemi yang serba hati-hati ini, menjaga kesehatan rasanya jadi kewajiban berat: pakai masker, jaga jarak, waktu terbatas, heeehhh.


Rasanya jadi pusing sendiri, sehingga otomatis tubuh kita suka sakit nggak jelas. Solusinya: dibawa santai aja! Jaga kesehatan penting, tapi tidak perlu stress melakukannya.


Asal masker siap, nggak perlu cemas ditegur satpol PP. Tidur cukup, soal besok dipikir besok aja. Makan dan minum cukup, jadi nggak lemas saat beraktivitas. Olahraga? Asal rajin, yang ringan aja cukup~


Selama tubuhmu sehat, otomatis pikiranmu juga nggak gampang stress atau sakit. Santai saja, ya friends~


2. Makan Enak

Makanan dan minuman enak membuat mood kita baik, sehingga perasaan jadi senang sepanjang hari.


Tidak perlu makan di restoran bintang lima atau menu lengkap dinner course, cukup makanan yang kamu sukai!


Kamu suka spagheti? Minta dimasakkan pasangan. Tempe bacem dan sayur lodeh? Beli di warteg! Indomie? Masak sendiri atau seduh Popmie. Kopi? Teh? Beli kalengan atau botolan!


Selama lidah puas dan perut kenyang, segala masalahmu akan terlihat kecil~


3. Tabung Uang

Faktor stress pandemi nomor satu adalah duit (sebelum pandemi juga, sih, lol). Karena pekerjaan jadi sulit, setiap recehan jadi sangat berharga.


Tapi tenang, justru ini kesempatan! Pandemi bisa jadi alasan kuat bagimu untuk menabung uang dan tidak asal jajan atau jalan-jalan nggak jelas.


Karena khawatir uang sekolah anak, jalan-jalan ke mall hanya 1-2 kali sebulan, itu pun nggak lama. Ibu jadi cari resep baru irit, biar anak gak bosan atau minta pergi ke Mekdi.


Kegiatan luar ruangan kamu pun bisa diganti dengan yang lebih sederhana dan murah, seperti nonton bioskop jadi streaming film, golf jadi game online, dsb, semua dilakukan di rumah!


Mungkin perlu menyesuaikan diri untuk ‘hidup hemat’, tapi percayalah tabungan yang terkumpul akan membuatmu tersenyum dan nggak stress menjalaninya.


4. Jalani Hobi

Seperti disinggung tadi, masa sulit membuat kita mencari alternatif yang lebih murah, termasuk hobi. Coba temukan hal baru yang mungkin akan lebih kamu sukai dari hobi lama!


Misalnya dulu kamu hobi nongkrong seharian di mall, sekarang mandeg di rumah. Daripada bosen, cari-cari kursus online. Dapat ijazah, terus dapet kerjaan baru! Asyik~


Dulu cuma bisa berkebun pas weekend, sekarang bisa hampir setiap hari. Tanpa terasa, kamu jadi punya banyak buah dan sayur untuk dimasak atau dijual!


Bahagia deh, hobimu nggak hanya menyenangkan, tapi juga berguna~


5. Dibantu Keluarga

Tentu, semua kegiatan takkan membantu kalau kamu merasa kesepian. Solusinya, habiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman!


Sekedar telepon, chat atau video call dengan orang terkasih dijamin bakal bikin kamu semangat lagi~

 

Demikian tips & trik cara bahagia, friends! Keluarga bahagia itu penting, tapi utamakan kebahagiaan sendiri dulu, ya? Saran asli dari psikolog Obrolin Aja, khusus buat kamu!


Mau tahu cara bahagia lain dan perlu teman curhat? Yuk hubungi konselor Obrolin Aja dan bicarakan masalahmu~


11 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page